JANGAN PANIK! INI DIA KESALAHAN YANG DAPAT MEMPERBURUK WABAH VIRUS CORONA



Setiap orang bisa melakukan apa yang mereka bisa untuk ikut mencegah penyebaran virus corona. Namun di tengah situasi seperti ini, orang juga bisa mudah melakukan kesalahan.


Karenanya, kita semua disarankan agar jangan panik, sehingga bisa tetap tenang melakukan langkah-langkah yang tepat untuk bersama melawan wabah penyakit COVID-19. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah kesalahan yang bisa memperburuk situasi wabah COVID-19. Jangan dilakukan!



1. PERCAYA TEORI KONSPIRASI, TAPI TIDAK TENAGA KESEHATAN PROFESIONAL



Internet dan media sosial penuh dengan informasi keliru serta teori konspirasi terkait COVID-19. Sebagai contoh, beberapa teori konspirasi menyebutkan bahwa wabah COVID-19 sebenarnya tidak ada dan bukan ancaman kesehatan yang serius.

Jika seseorang percaya bahwa COVID-19 hanyalah tipuan, lalu mengalami gejalanya, ia tentu akan mengabaikan gejala tersebut dan berisiko menulari banyak orang. Inilah kesalahan yang lantas memperburuk wabah COVID-19 dan menghambat pencegahan.

Situasinya bahkan bisa lebih buruk lagi apabila pasien tidak memercayai saran tenaga medis profesional dan lebih meyakini saran yang belum tentu benar. Alih-alih sembuh, kondisi pasien justru bisa memburuk dan penyakit dapat menyebar semakin luas



2. MENIMBUN MASKER UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI



Banyak orang berbondong-bondong membeli masker sejak munculnya COVID-19. Ini adalah kesalahan lain yang bisa memperburuk wabah COVID-19, sebab penggunaan masker bagi orang yang sehat justru tidak efektif untuk mencegah penularan.

loading...
Masker bedah biasa tidak bisa melindungi Anda dari coronavirus penyebab COVID-19. Pasalnya, masker ini longgar pada bagian mulut dan hidung. Penyaringnya juga tidak cukup rapat untuk menghalau virus yang berukuran amat kecil.

Fungsi masker akan lebih efektif bila digunakan oleh orang yang sakit, tenaga medis yang berisiko, atau mereka yang mengurus anggota keluarga sakit di rumah. Jika ada banyak orang sehat yang membeli masker, mereka yang betul-betul membutuhkannya akan kesulitan memperoleh masker sehingga berisiko tinggi terkena penyakit



3. TIDAK MENJALALANI POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT





Kesalahan lain yang bisa memperburuk wabah COVID-19 adalah menganggap sepele pola hidup bersih dan sehat. Padahal, ini merupakan langkah terpenting yang perlu Anda lakukan untuk melindungi diri dari penularan COVID-19.
CDC menyarankan beberapa kebiasaan sederhana yang akan membantu mengurangi risiko penularan COVID-19, yakni:
  • Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun paling tidak selama 20 detik, atau menggunakan hand sanitizer yang mengandung sedikitnya 60 persen alkohol.
  • Rutin membersihkan barang-barang yang sering tersentuh menggunakan cairan pembersih.
  • Tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dulu.
  • Menutup mulut dan hidung saat bersin menggunakan tisu, atau dengan lengan baju bila tisu tidak tersedia.
  • Mengenakan masker jika mengalami gejala COVID-19, atau bila Anda merawat pasien COVID-19.
  • Menghindari kontak dengan orang yang sakit.
  • Tidak bepergian ke luar rumah ketika sakit.
COVID-19 menular melalui droplet (percikan cairan mengandung virus) yang memasuki tubuh secara langsung atau terdapat pada permukaan barang. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan menjaga diri dan lingkungan tetap bersih.


 



    0 Response to "JANGAN PANIK! INI DIA KESALAHAN YANG DAPAT MEMPERBURUK WABAH VIRUS CORONA"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel