JENIS-JENIS RASA NYERI YANG PERNAH ANDA ALAMI

Aduh Nyeri



Nyeri dibedakan menjadi beberapa kategori. Berdasarkan waktu berlangsungnya, nyeri dibedakan menjadi nyeri kronis dan nyeri akut. Sedangkan berdasarkan proses terjadinya, nyeri dibagi menjadi nyeri neuropatik, nyeri nosisepstif, dan nyeri psikogenik. Semua jenis nyeri ini berbeda satu sama lainnya, baik dari penyebab dan pengobatannya.
Hampir semua orang pernah merasakan nyeri dari waktu ke waktu. Rasa nyeri atau sakit adalah cara tubuh untuk mengatakan bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Mengenal berbagai jenis nyeri:

Setiap manusia pasti pernah merasakan sakit, tetapi tidak semua rasa sakit yang dialami itu membawa sensasi yang sama.
Memahami jenis nyeri yang Anda rasakan setidaknya dapat membantu menjelaskan kepada dokter mengenai apa yang mungkin Anda alami. Berikut adalah berbagai jenis rasa nyeri yang perlu Anda ketahui.

1. NYERI AKUT
 
Salah satu jenis nyeri yang paling sering dirasakan oleh seseorang adalah nyeri akut. Nyeri akut merupakan rasa sakit yang tidak berlangsung lama, yaitu tidak lebih dari 6 bulan. 
Normalnya, nyeri yang satu ini diakibatkan oleh cedera dan akan lebih mudah hilang ketika Anda menemukan penyebabnya.
Awalnya, nyeri akut menimbulkan rasa sakit yang sangat tajam dan berkurang intensitasnya seiring dengan berjalannya waktu. 
Ini dia beberapa penyebab umum terjadinya nyeri akut. 
  • Patah tulang
  • Pasca-operasi
  • Melahirkan
  • Luka dan luka bakar

2. NYERI NOSISEPTIF

Nyeri nosiseptif (nociceptive pain) adalah nyeri yang timbul akibat dari respons cedera terhadap jaringan kulit, otot, sendi, dan organ dalam (perut dan usus). 
Nyeri nosiseptif terbagi atas dua macam, yaitu nyeri viseral dan somatik.
Cedera pada organ tubuh bagian dalam akan menyebabkan nyeri yang disebut sebagai nyeri viseral. Umumnya, rasa nyeri tersebut dapat terasa di sekujur tubuh Anda, termasuk dada, perut, dan panggul.
Nyeri viseral biasanya menimbulkan tekanan, rasa sakit, dan kram. Bahkan, ada beberapa gejala lain, seperti muntah dan kenaikan suhu tubuh. 
Ini dia beberapa penyebab yang mungkin menimbulkan nyeri viseral: 
  • Batu ginjal
  • Usus buntu akut
  • Pankreatitis
  • Gangguan pencernaan

3. PHANTOM PAIN 

Merasakan keberadaan anggota tubuh yang hilang ternyata termasuk dalam kategori nyeri. Perasaan antara ada dan tiada tersebut disebut sebagai phantom pain

Phantom pain merupakan rasa sakit yang terus berlangsung, yang biasanya dialami oleh orang yang baru saja menjalani proses amputasi. Walaupun anggota tubuhnya telah hilang, para penderita phantom pain masih merasakan keberadaan kaki atau tangan yang sudah diamputasi. 
Jenis nyeri ini umumnya menyebabkan sensasi terbakar, gatal, dan merasa tubuhnya mendapat tekanan. Durasi phantom pain pun bervariasi.

Ada yang merasakannya dalam waktu singkat, ada pula yang mengalaminya selama bertahun-tahun. 
Kondisi ini terjadi akibat area otak yang bernama cortex somatosensorik yang menyimpan segala jenis data tentang tubuh mengalami perubahan. Perubahan tersebut berupa peta otak yang menyesuaikan bahwa adanya organ tubuh yang hilang. 

Akibatnya, setelah anggota tubuh tertentu diangkat, sirkuit saraf lainnya mencoba menyambungkan diri karena tidak lagi menerima respon dari kaki atau tangan Anda. 

Respons tersebutlah yang menyebabkan rasa sakit yang disebut sebagai phantom pain. 

Mengingat berbagai nyeri muncul karena penyebabnya berbeda, penting bagi Anda untuk dapat mendeskripsikan sejelas-jelasnya mengenai sensasi rasa sakit yang anda dapatkan. Dengan begitu, dokter akan dapat mendeteksi masalah yang ada pada tubuh Anda dengan lebih akurat.



0 Response to "JENIS-JENIS RASA NYERI YANG PERNAH ANDA ALAMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel